Thursday 21 September 2023

Tanda Kulitmu Mengalami Dehidrasi: Kenali dan Atasi

Beda dengan permasalahan kulit saya di usia belasan hingga 20 tahunan, memasuki kepala 3, permasalahan kulit saja justru adalah kondisi kulit yang saya idamkan pada saat remaja. Ya, waktu saya muda, kulit saya super oily, mudah berkeringat, sehingga gak jarang menghadapi jerawat. Maka, dulu seringkali berandai-andai punya kulit kering, sehingga make up gak mudah luntur karena keringat, dan pori-pori akan lebih kecil. Ternyata, begitu memasuki usia 30 tahunan, entah bagaimana awalnya, kulit saya terasa lebih kering. Bukannya senang, ternyata punya kulit kering juga gak seenak itu (emang ya, manusia gak pernah puas!). Make up sulit menempel, kerutan lebih terlihat jelas, dan ternyata kulit keringpun tetap bisa berjerawat! Maka, PR saya sekarang dalam menjaga kulit agar tetap sehat adalah menjaga kadar air di kulit agar tetap seimbang, jangan sampai dehidrasi.




Penyebab Kulit Dehidrasi

Loh, kulit juga bisa dehidrasi? Bisa, dong! Dehidrasi kulit adalah kondisi di mana kulit kehilangan terlalu banyak air, dan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Ada beberapa penyebab terjadinya dehidrasi pada kulit, di antaranya:
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan : Seiring waktu, sinar UV dapat merusak serat kulit yang disebut elastin. Ketika serat ini rusak, kulit akan mengendur dan meregang, kulit juga akan menjadi lebih kasar dan kering. Saat terlalu kering, kulit jadi mudah keriput sehingga akan terlihat lebih tua dari yang sebenarnya.
  • Terlalu lama berada di dalam ruangan berAC : Udara dingin dapat mengurangi kelembapan pada kulit. Jika tidak dilapisi dengan pelembap yang cukup, kadar air dalam kulit akan berkurang dengan cepat sehingga membuat kulit lebih cepat kering.
  • Jarang minum air putih : 64% struktur kulit manusia terdiri dari air. Kekurangan konsumsi air putih juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satunya menyebabkan gejala keriput pada kulit. Hal ini disebabkan kulit kehilangan elastisitasnya karena aliran darah terhambat.
  • Lifestyle yang buruk : Merokok dan minum alkohol adalah contoh dari kebiasaan buruk yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Merokok dapat membuat kulit kendur, terutama di bawah mata dan di sekitar garis rahang. Merokok juga dapat menyebabkan penuaan dini karena menyempitkan pembuluh darah (membatasi jumlah oksigen yang didapat kulit), meningkatkan produksi radikal bebas, dan menurunkan kadar vitamin A di kulit. Sedangkan alkohol dapat melebarkan pori-pori kulit, menyebabkan komedo dan komedo putih
Tanda-Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi

Kulit yang dehidrasi dapat dikenali dengan mudah, tidak perlu harus menunggu diperiksa oleh dokter. Kamu bisa memeriksa sendiri kondisi kulitmu untuk melihat tanda-tanda kulit yang mengalami dehidrasi, di antaranya :
  • Kulit kering dan kasar: Salah satu tanda paling jelas dari kulit yang mengalami dehidrasi adalah kulit yang terasa kering dan kasar. Kulit yang sehat seharusnya terasa lembut dan halus. Namun, jika kamu merasa kulit terasa kering dan kasar, itu bisa menjadi tanda bahwa kulitmu membutuhkan lebih banyak hidrasi.
  • Garis-garis halus dan keriput: Dehidrasi kulit dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput lebih awal. Ini karena kurangnya air dalam kulit dapat membuatnya kehilangan elastisitasnya, sehingga membuat tanda-tanda penuaan lebih terlihat.
  • Kemerahan dan gatal: Kulit yang mengalami dehidrasi juga cenderung menjadi lebih sensitif. Ini dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan bahkan gatal-gatal. Kalau kamu sering merasa gatal pada kulitmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kulitmu membutuhkan lebih banyak kelembapan.
  • Tampak lecet dan bersisik: Kulit yang sangat dehidrasi dapat tampak lecet dan bersisik. Ini terjadi ketika kulit kehilangan kemampuannya untuk menjaga lapisan luar yang sehat dan terhidrasi.
  • Munculnya jerawat: Meskipun terdengar kontradiktif, kulit yang dehidrasi juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Ketika kulit kering, kelenjar minyak cenderung memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan. Ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
Cara Mengatasi Dehidrasi Kulit

Jika kamu menemukan tanda-tanda dehidrasi pada kulitmu, gak perlu panik! Ayo mulai perbaiki sebelum terlambat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dehidrasi kulitpun gak ribet, cenderung hal-hal sederhana yang rutin dilakukan setiap hari, ini soal kebiasaan baik yang harus diterapkan tiap hari, yaitu :
  • Konsumsi cukup air: Cara terbaik untuk mengatasi dehidrasi kulit adalah dengan minum cukup air. Pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air per hari untuk menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik.
  • Gunakan pelembap: Pilih pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu dan gunakan secara teratur. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kehilangan air. 
  • Hindari mandi air panas: Mandi dengan air panas dapat mengeringkan kulitmu. Cobalah untuk mandi dengan air hangat dan hindari penggunaan sabun yang mengandung alkohol yang bisa membuat kulit semakin kering.
  • Jaga pola hidup yang sehat: Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol juga dapat membantu mempertahankan kesehatan kulitmu.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang tepat: Pilih produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk kulit kering, seperti Oilum Hydrating Care Series.
OILUM Hydrating Care Series adalah produk perawatan kulit kering yang diformulasikan oleh dokter kulit, mengandung bahan-bahan yang berfungsi mengembalikan keseimbangan hidrasi alami (kelembaban) kulit agar halus, lembut, elastis. Tersedia dalam bentuk Cleanser Bar 85 gr, body Wash Bottle 210 ml, Body Wash Pouch 175 ml, Body Lotion 70 ml. Seluruh rangkaiannya fokus mengembalikan kelembapan kulit, menghilangkan tanda-tanda kulit kering, mencegah terjadinya keriput dan penuaan dini. Produk Oilum ini dapat dengan mudah ditemukan di offline store ataupun online storenya. 

Sekarang sudah paham kan soal dehidrasi pada kulit? Kalau kulitmu termasuk kulit yang terhidrasi, tetap jaga kelembapan untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Tapi kalau kulitmu memiliki tanda-tanda dehidrasi seperti yang tadi disebutkan, ayo lekas perbaiki dan rawat kulitmu dengan baik!

48 comments:

  1. pernah mengalami kulit seperti ini :')

    ReplyDelete
  2. Owh, mandi air panas bikin dehidrasi ya ternyata ... bikin kering karena penguapan tinggi x ya.

    Emang sih kuncinya banyak minum air putih dan makan sayur & buah, rutin aja pasti seger.

    Sy ini sayangnya gak lakukan itu, makanya kusem. Ya maklum cwo, kadang gak seneng yang ribet 😅.

    Tapi banyak skr cwo yang perhatian sama masalah kulit, malah ngalahin cwe. Ya ya ya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener. sekarang cowok-cowok banyak yang lebih peduli sama kesehatan kulit, aku juga kadang kalah haha

      Delete
  3. Kulit berminyak adalah masalah umum kulit masyarakat di Indonesia yang wilayahnya tropis.

    ReplyDelete
  4. Ini bener banget. Masalah kulit yang dehidrasi ini enggak bisa disepelekan. Apalagi musim kemarau dan kering kaya gini, kebutuhan akan mineral jadi penting banget. 🫰

    ReplyDelete
  5. Rasanya kayak gampang banget mengatasi dehidrasi. Tinggal perbanyak minum air segar gitu ya, teorinya hehehehe .... kenyataannya ya kalau aku, suka lupa minum air segar atau memang milih minuman yang berasa gituuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha yang berasa lebih seger emang ya. cuma aku ngerasa gak ngilangin hausnya..

      Delete
  6. Ini lagi kejadian banget sama saya.. kulit kering karena 24 jam di suhu belasan derajat.. dingiin.. bikin males minum air putih, males pipis juga karena dingin kena basuhan air, apalagi kalau ditambah malas pakai pelembab.. kulit kering kayak kadal ganti kulit.. huhu
    salam kenal kak Anis, terima kasih atas kunjungan ke blog saya sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh. aku juga pernah nih kayak gini. cuaca dingin karena malas minum, karena malas pipis kena air.. haha

      Delete
  7. Jadi salah satu yang menjadi alasan kuling kering terpapar sinar matahari sedangkan saya tinggal di deket pantai kak saran kakak untuk saya kira2 seperti apa kak, saya orang yang sering berkeringat dan berminyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa pakai sunscreen aja kak,sebelumnya juga pakai moisturizer, biar tetap lembap..

      Delete
  8. Kalau saya lihat kulit tuh sebagai warning sign tubuh, kalau ada yang gak beres di tubuh bakal kelihatan di kulit. salah satu contohnya ya kering ini, oh berarti belakangan kurang air putih, kurang porsi sayur buahnya, tapi kadang krn cuaca juga, makanya dibantu sm perawtaan kulit dr luar kaya pelembab gt hihi thanks sharingnya kak

    ReplyDelete
  9. kulit wajah juga salah satu bagian yang perlu terhidrasi dengan baik.. kulit wajah yang kering, jika salah memakai produk pasta gigi maka akan menyebabkan angular cheilitis.. salah satu cara untuk mengobatinya selain dengan cara di atas yaitu dengan cara mengganti pasta gigi dengan busa yang tidak begitu "tajam" seperti sensodyne..

    btw, nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, dapet informasi baru. terima kasih, kak!

      Delete
  10. Kadang kalo cuaca panas terus sering ngalamin kulit dehidrasi, apalagi pas jarang hujan, banyak debu dll kena wajah pas keluar. OILUM Hydrating Care Series boleh juga nih masuk list buat dicoba untuk ngatasin kulit dehidrasi.

    ReplyDelete
  11. Ternyata mandi air panas dan sering berada di ruang AC bisa membuat kulit dehidrasi ya. Belakangan ini sering ngerasa kering ternyata ini, terlebih kurang juga minum air putih

    ReplyDelete
  12. Aku banget nih kulitnya dehidrasi. Btw baru tau ada produk ini, Oilum Hydrating Care Series. Makasih ya Kak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, kak. terima kasih sudah mampir ya..

      Delete
  13. Saya juga punya permasalahan yang sama mba, waktu saya masih sekolah dulu kulit saya super oily, sekarang masalahnya malah kering. Kalau saya solusinya biasanya cukup minum dan pakai moisturizer. Nice sharing mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin berumur, emang kerasa banget kulit makin kering ya..

      Delete
  14. Dari sma dulu kulit wajah saya penuh jerawat, sekarang malah kering kerontang. Dehidrasi gak sih, mungkin karena sering terpapar matahari aja karena jarang pake sunscreen. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  15. Kalau kulit lagi dehidrasi gini, selain pakai skincare emang paling ampuh minum air putih yang banyak deh. Pernah jg nih ngerasain kulit kasar sampe perih huhu

    ReplyDelete
  16. Kak kalau untuk kulit kombinasi gimana? Aku tuh sering stres kalau masalah kulit. Pakai produk yang melembapkan di sisi lain terlalu berminyak, tapi kalau pakai produk untuk kulit kering, sisi yang lain terasa pecah2 gitu... bingung aku tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ini aku pernah ngalamin. ada juga tuh produk yang khusus kulit kombinasi kayak gitu. tapi pelembap itu emang dibutuhin di tiap jenis kulit, mau kering ataupun berminyak.

      Delete
  17. Halo kak, mau nanya kulit kering gini bisa instant gk proses penyembuhan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepat kok, asal dihidrasi dari dalam dan luar tubuh..

      Delete
  18. Yang paling sederhana dalam upaya merawat kulit, tetapi masih sering terlupa, adalah minum cukup air putih. Di usia kepala tiga ini, saya pun merasa kulit sudah tidak seelastis dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. minum air putih tuh gampang banget, tapi rasanya kok sulitt banget.

      Delete
  19. hahaha aku pun nyengir juga bacanya, emang ya waktu muda pengen mengurangi minyak berlebih pada wajah, setelah berumur 30an jadi pengen kulit lebih oily wkwk
    Aku juga sekarang lebih sering pakai produk beauty yang mampu mengatasi kulit kering. Tentunya juga dibarengi dengan pola hidup sehat dan perbanyak air putih.

    ReplyDelete
  20. Cuaca yang terlalu panas dan terlalu dingin juga tidak baik untuk kulit. Konsumsi air putih merupakan obat dari segala obat ya, pokoknya atur pola hidup sehat disambil dengan menggunakan pelembab

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. minum air putih emang wajib banget buat kesehatan luar dan dalam

      Delete
  21. makin bertambah umur, keluhan pada kulit juga semakin bermunculan.
    minum air putih yang cukup atau kalau bisa dilebihkan dari porsi biasa itu cukup membantu sih emang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. air putih emang obat segala keluhan

      Delete
  22. Aku baru menyadari kondisi kulit aku kayak gimana justru setelah nikah lho. Ternyata kulit aku termasuk kulit yang kering, jadi basic skin care gak boleh terlewat. Mesti pakai moisturizer dan sunscreen. Kalau enggak, bisa muncul semua gejala yang dituliskan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, sama banget sama aku. makasih udah mampir ya, kakkk

      Delete
  23. Oh ternyata lama di ruangan berAC bisa bikin kulit dehidrasi ya, baru tau aku. Terima kasih infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. Ah bener, ini aku mau masuk kepala 3 malah kering dan sensi banget. Padahal dulu oily parah. Faktor utama sih kalau aku yaaa pola hidup sehatnya itu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama berarti yaaa..
      terima kasih sudah mampir ya, kak

      Delete
  25. Hehehe.. memang ya kulit berminyak enggak enak, kulit kering juga sama aja. Semua perlu perawatan kalau mau kulitnya sehat dan kitanya nyaman. Btw aku baru tahu nih produk OILUM Hydrating Care Series :)

    ReplyDelete