Tuesday 11 July 2023

, , ,

7 Rekomendasi Tempat Makan Kids Friendly di Bandung

Tempat makan yang kids friendly memang menjadi incaran banyak orang saat ini. Konsep yang menyenangkan, akan membuat anak-anak menjadi lebih "anteng" atau tidak mudah bosan, dan juga lebih happy. Semenjak jadi ibu, pertimbangan saya dalam mencari rumah makan sudah berbeda dengan ketika saya single. Dulu yang dicari adalah atmosfernya, keestetikaannya, menu makanannya, dan harganya. Kalau sekarang, keempat poin tersebut sudah tergeser dengan 1 poin yang lebih penting, "apakah tempatnya ramah untuk anak-anak?

Rekomendasi Tempat Makan Kids Friendly di Bandung

Meski tempatnya cantik, makanannya enak, dan harganya murah, namun kalau tidak ada high chair, non smoking area, dan tidak ada makanan yang cocok untuk anak saya, kemungkinan besar akan saya skip. Bahkan sekarang, gak sedikit tempat makan yang menyediakan mini playground atau menempatkan hewan peliharaan di dalamnya sebagai daya tarik bagi pengunjung yang membawa anak. Makanya, saya menulis artikel ini dalam upaya membantu orang tua yang buntu soal opsi rumah makan yang nyaman untuk anak-anak, semuanya berada di kawasan Bandung.

1. Love Unicorn Cafe

Love Unicorn Cafe
Source: Instagram @loveuniqorn

Alamat : Jl. Bengawan No.33, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Seperti namanya, Love Unicorn Cafe ini betul-betul layaknya cafe bagi pecinta Unicorn. Dekorasinya penuh dengan warna-warna pastel dengan berbagai macam bentuk Unicorn. Uniknya, makanannya pun dibuat menarik. Ada spaghetti dengan warna pelangi, lalu dessert warna-warna pelangi yang bakal menarik perhatian anak-anak. Dekorasinya betul-betul dipenuhi oleh aksesoris Unicorn. Bagi yang anaknya visual banget, tempat ini memang bakal over stimulated banget. Tapi, karena biasanya saya juga gak pernah berlama-lama di tempat makan, Love Unicorn Cafe ini cukup bisa bikin saya makan dengan tenang sementara si kecil main dengan boneka-boneka unicorn. Selain boneka unicorn yang melimpah, banyak juga spot-spot menarik bagi yang suka foto-foto. Minusnya, area indoornya agak sumpek, mungkin karena tempatnya yang gak luas-luas banget, namun dekorasinya yang super meriah, jadi ruangannya terkesan sempit. 

2. 150 Coffee Garden

150 Coffee Garden Bandung
Source: Instagram @150coffeegarden

Alamat : Jl. Sulaksana No.50, Cicaheum, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40282

Restoran ini menarik karena punya area outdoor yang cukup luas, sesuai dengan namanya, garden. Selain untuk mengenyangkan perut, datang ke tempat ini juga memanjakan mata. Banyak sekali tanaman hias di sekitar restoran. Ada area kolam ikan yang luas, di dalamnya banyak impun dan ikan-ikan besar, juga kura-kura. Anak saya bisa anteng hanya dengan melihat pancuran air di kolam ikan, dan kura-kura yang berenang di sekitarnya. Selain itu, ada juga area rumput yang luas, bisa digunakan anak-anak untuk berlarian tanpa menabrak sesuatu. Minusnya memang soal makanan. Menunya kurang variatif, tapi lumayan lah untuk bisa menikmati venuenya. Oh ya, area rumput ini tidak selalu bisa dipakai, terutama saat dijadikan venue wedding

3. Nara Park

Nara Park Bandung
Source: Instagram @narabandung

Alamat: Jl. Rancabentang No.28, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Nara Park ini kayaknya udah gak asing buat ibu-ibu. Selain karena tempatnya enak, areanya luas, pilihan makanannya variatif, karena di dalamnya terdiri berbagai macam cafe, dan rata-rata makanannya enak-enak, juga ada banyak spot buat anak bermain. Biasanya, banyak anak-anak yang berlarian sambil bermain gelembung sabun yang dijual di area tersebut. Di sana juga ada beberapa binatang peliharaan yang menarik perhatian anak-anak, misalnya kura-kura yang ukurannya jumbo, yang saya lupa namanya. Saya bisa berlama-lama berdiam di Nara, karena memang tempatnya senyaman ini. Minusnya hanya pada lokasi yang cukup jauh dari tempat tinggal saya, dan juga ketersediaan tempatnya, apalagi saat weekend, seringkali harus menunggu, karena memang seramai itu.

4. Baker Street

Baker Street Bakery Bandung
Source: Instagram @bakerstbakery

Alamat: Jl. Cimandiri No.18, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
 
Kalau ini sebetulnya biasa saja, cafe pada umumnya. Yang bikin menarik adalah tersedianya playground di dalamnya. Harga tiket masuk per anaknya sekitar 35.000 sampai 50.000, saya lupa. Memang agak pricey sih jika melihat areanya yang tidak seberapa. Tapi, untuk alternatif tempat makan, biar gak bosan, bisa dicoba.

5. Miss Bee Providore

Miss Bee Providore Bandung
Source: Instagram @missbee_providore

Alamat: Jl. Rancabentang No.11A, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Cafe di wilayah yang sama dengan Nara Park ini juga sangat terkenal dengan tempatnya yang nyaman dan ramah untuk anak. Area outdoornya banyak, ada ayunan di antara pepohonan,  dan ada binatang peliharaan juga. Selain itu, playground juga tersedia di indoor. Suasananya enak, tempatnya luas, banyak pepohonan yang benar-benar menyejukkan mata. Harganya memang lumayan pricey, namun dengan ambience yang didapat, menurut saya ya sepadan. Gak cuma menyenangkan buat anak, buat orang tua pun rasanya refreshing. Buat saya, Miss Bee Providore ini juara soal kenyamanan dan keseruan untuk anak dan orang tua.

6. Imah Djoglo

Imah Djoglo Bandung
Source: Instagram @imah_djoglo

Alamat: Jl. Sumber Endah No.31, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223

Nah, yang ini rasanya paket lengkap. Bukan sekedar restoran biasa, di dalamnya terdapat playground dan minizoo. Pokoknya kalau di sini, anak bakal anteng, karena banyak opsi hiburan untuk mereka. Tidak ada biaya tambahan untuk masuk ke area bermain tersebut, kecuali jika ingin memberi makan binatang yang ada di sana. Letaknya di sekitar perumahan, minusnya, tempat parkirnya gak seluas itu, dan untuk area yang dekat dengan kandang hewan, terkadang aromanya jadi kurang enak.

7. Pillow Cake Cafe

Pillow Cake Cafe Bandung
Source: Instagram @pillowcakebdg

Alamat 1: Jl. Aceh No.15, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Alamat 2 : Jl. Terusan Buah Batu No.225a, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat
Alamat 3 : Gg. Dakota Raya No.48, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175
Alamat 4 : Jl. Ir. H. Juanda No.81, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Cafe ini juga unik. Tersedia kolam pasir, air mancur melody, kolam renang anak, dan jumping castle.  Kalau di sini sih, saya merasa, dibanding makan, memang anak akan lebih fokus main dan malah susah disuruh makan kecuali dia kelaparan banget hahaha. Pillow Cake ini ada beberapa cabang, namun khusus kolam renang anak hanya ada di outlet pusatnya di Jl. Aceh. Untuk main di kolam bola dan kolam renangnya, kena charge mulai dari 30ribuan. Sebetulnya jadi agak pricey ya, mending sekalian , ke kolam renang betulan. Tapi, lagi-lagi, ini soal mencari tempat makan yang ramah anak. Selain itu, dekorasinya cantik, menarik, dan gak ngebosenin. Jadi selain bisa menikmati makanannya, anak-anak bisa main, juga bisa foto-foto di tempat yang cute ini. Dessert di sini juga gemes-gemes sih, worth to try!

Nah, itu adalah 7 rekomendasi tempat makan kids friendly di Bandung. Cocok untuk ibu-ibu yang mau playdate bareng teman sekaligus anak-anaknya. Win-win solution, anak senang, ibu tenang!

43 comments:

  1. Imah Djoglo sepertinya oke juga, anak saya paling suka liat hewan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Lumayan minizoonya banyak hewannya..

      Delete
  2. Mbaaa thank youuuu rekomendasinya. Kdg aku juga bingung kalo mau cari tempat makan yg kira2 anak bisa semangat. Udah lama bangt ga ke Bandung. Aku suka pilihan2nya kecuali yg nomor 1. Tapi sisanya menarik semua 👍👍. Bakal aku coba datangin kalo ke Bandung lagi. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  3. Baca tulisan ini saya yang sudah enggak punya anak kecil lagi tersadarkan, bahwa perihal tempat makan yang ramah buat anak-anak sungguh penting. Semula saya tak kepikiran tentang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya bapak ibunya punya waktu yang tenang untuk makan juga sih. Hehehe

      Delete
  4. Wah related bgt sama aku sekarang juga gitu yg dilihat tempat makannya kids friendly atau nggak. Jadi ga terlalu worry kalau anak lari-larian kesana kemari. Di save dulu buat nanti coba tempat makannya kalau nanti liburan ke Bandung, hehe.

    Tahunya Nara Park soalnya suami pernah kesana, hehe.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah makin banyak resto/cafe yang kids friendly, ya Kak. Ayah dan bundanya bisa tenang makan, anak2nya main di playground.

    Pengeen ke Bandung euy. Kakak udah pernah ke 180 coffe di Dago?

    ReplyDelete
  6. Pillow Cake unik banget ada kolam renangnya segala. kalo kayak gini mah anak-anak pasti happy. capek renang dan main segala fasilitas pasti makannya lahap ya haha

    ReplyDelete
  7. Kadang ngerasa kurang sreg aja kalo liat ada anak kecil yang diajak makan sama keluarga di tempat yang dia cuma bisa "makan cantik" tapi ngga bisa main, karena justru kebutuhan anak adalah bermain. jadi dulu kalo ajak main keponakan yang masih kecil, pasti ngehindarin tempat makan. beruntungnya yang udah baca artikel ini, jadi orang tua / om / tante bisa ajak makan anak2 sambil tetep bisa main juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  8. Memang jadi serba sulit menentukan pilihan untuk makan di tempat yang nyaman di lidah dan nyaman buat anak. Dan memilih 1 diantara tempat rekomendasi ini mendapat paket combo sekaligus.

    ReplyDelete
  9. Ketika anak-anak saya masih kecil juga selalu mencari tempat makan yang kids friendly. Setidaknya anak-anak bisa lebih betah. Ya, meskipun anak-anak saya bisa duduk manis ketika makan. Tetapi, kalau kids friendly begini semacam nilai plus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Kak. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  10. Wah auto save nih ! Buat jalan-jalan ke Bandung hihi. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  11. Nah iya, semenjak punya anak, kalau cari tempat makan pastinya cari tempat yang ramah untuk anak. Supaya anak senang dan kita juga lebih tenang menikmati makanan dan suasana di sananya, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Kak.
      Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  12. Mantap, sudah saya bookmark ni. Kebetulan belum pernah ke Bandung, mana tau ada rezeki nanti bisa mampir di salah satu daftar yang sudah mba buat. beberapa rekomendasi tempat makannya memiliki konsep, dekorasi, dan menu yang menyenangkan dan variatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca, ya, Mass

      Delete
  13. Bagus2 ya rekomendasi tempat makannya semoga kesampaina bisa jajal satu-satu nih

    ReplyDelete
  14. Ternyata ada beberapa yang belum pernah daku datangi. Terima kasih Kak ini artikel yang sangat dibutuhkan untuk menyusun acara meet up bareng komunitas ibu anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  15. Cozy banget ya kak tempatnya bikin betah, ijo ijo lagi bikin seger mata dan ternyata kids friendly banget ya jadi kalau bawa anak makan di sini pasti pada betah karena ada area mainnya buat mereka, kita pun makan jadi lebih tenang ya kalau anak-anak bisa sambil main alias ga bosend an ga rewel merekanya, wajib coba nniy kalau makan ke Bandung

    ReplyDelete
  16. Thanks kak rekomendasinya. Nanti pas ada rencana ke Bandung pengen banget singgah di Baker Street

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  17. Wiih makasih banget mbak sudah merekomendasikan tempat tempat makan buat anak anak. secara terkadang kita sebagai orang tua bawa anak-anaknya ke tempat makan kita sebagai dewasa. padahal anak anak blm tentu suka dengan makanan kita. klo kita, sudah pasti sih, suka banget sama makanan anak anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir dan membaca, ya, Mba

      Delete
  18. Sama banget Kak, aku pun gitu.. kalau pas masih single nyarinya yang estetik, Di puncak bukit pun dijabanin juga. Sekarang udah punya buntut nyarinya yang kids friendly. Ini tempat makan kids friendly di Bandung emang banyak pilihan banget ya, ya Salam anakku kalau di ajak ke love unicorn cafe atau Imah Djoglo paling happy dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Kalau udah punya buntut udah gak mikir banget estetik apa nggak, hahaha

      Delete
  19. Ini yang paling dicari kalau mau menikmati makan bersama dengan keluarga. Kalau ramah anak begini jadi aman mau ngebawa. selain bikin tenang pasti juga bikin nyaman sekeluarga. MAsukin dalam list dulu

    ReplyDelete
  20. Yang unicorn menarik banget deh!! Btw, aku pernah ke Nara Park pas weekend, dan bener cocok banget buat anak. Di sana pengunjungnya banyak yang udah berkeluarga dan bawa anak

    ReplyDelete
  21. Waaaa tempat makannya asyik banget semua suasananya. Dijamin betah deh kalau ke sana. Apalagi bawa anak, mereka pasti suka yang ada playground atau minimal area lapangan luas untuk bermain dan berlarian.

    Duh jadi pengen ke Bandung euy

    ReplyDelete
  22. Keliatannya seru yaaa bawa anak ke tentang makan yang direkomendasikan banget buat diaa. Paling egg-xited sama imah djaglo tp sayangnya gak punya anak. Nikah aja belum😂

    ReplyDelete