Monday 14 August 2023

,

Latihan Mindfulness dengan Mengaktifkan 5 Indramu!

Pernah dibahas di salah satu buku (kalau gak salah Filosofi Teras, tapi mohon maaf kalau salah), intinya, berpikiran buruk itu sebetulnya juga gak buruk-buruk amat. Melatih mental untuk lebih siap menghadapi apapun. Tapi kalau pikiran buruknya ditumpangi dengan kebiasaan overthinking juga, ya combo deh. Sudah banyak mikir, yang dipikirin yang buruk-buruk terus, pasti melelahkan dan menguras energi. Saya sadar betul konsep overthinking. Mau dipikirin sebanyak apapun, selama apapun, tidak akan mengubah apapun. Memikirkan masa lalu selama apapun, tidak akan mengubahnya, memikirkan masa depan selama apapun, ya sama juga, tidak ada gunanya. Saya sering kali diprotes soal habit ini, karena selain mengganggu, kadang juga menular ke mereka. Saya selalu membela diri dengan alasan kalau semua terjadi auto pilot gitu, memang menyebalkan.

Latihan Mindfulness dengan 5 Indra

Kalau mau berupaya sedikit, sebetulnya ada beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan buruk ini. Salah satunya adalah dengan memahami konsep mindfulness dengan metode 5 4 3 2 1. Okay, I need to slow down. Mulai dari mindfulness. Mindfulness kini sudah banyak dibahas, tidak hanya oleh pegiat kesehatan mental, tapi juga masyarakat umum. Ya, bisa jadi memang masyarakat sekarang sudah sangat aware dengan pentingnya kesehatan mental, sehingga tidak asing mendengar istilah ini. Mindfulness, kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "kesadaran penuh". Jadi, pada intinya mindfulness ini adalah cara untuk memusatkan perhatian sepenuhnya kepada masa sekarang agar kita tidak terpaku pada masa lalu atau melayang terlalu jauh ke masa depan. Mindfulness ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan yang paling populer adalah dengan meditasi.

Saya belum pernah sukses melakukan meditasi di atas 5 menit. Meskipun duduk diam, tapi pikiran saya sudah sibuk luar biasa. Meditasi juga jarang saya lakukan karena merasa butuh tempat dan waktu yang tepat. Rasanya gak mungkin untuk memusatkan perhatian, membuat pikiran sadar penuh, dengan situasi rumah yang berantakan, disertai teriakan-teriakan anak. Jangankan meditasi, kerja di rumah saja saya sering gak bisa fokus saking ramainya suasana rumah. Namun kemudian, saya teringat akan praktek Mindfulness 54321, yang pernah disarankan oleh salah satu praktisi psikolog.

  • Melihat 5 Benda di Sekeliling

Menyadarkan indra penglihatan dengan memusatkan perhatian pada 5 benda di sekeliling. Kali ini saya duduk di kursi, depan laptop, saya melihat ada penggaris di depan saya, lampu tidur dan piano di samping kiri saya, buku dan hair dryer di samping kanan saya. Ketika melihat benda-benda ini, hindari menyelami perasaan terkait benda tersebut. Cukup pikirkan bentuknya, warnanya, bahan dasarnya, segala sesuatu yang bersifat objektif, tanpa judgement. Misal, ketika saya melihat piano, cukup lihat saja, pusatkan dan aktifkan indra penglihatan pada piano. Yang saya lihat adalah piano Yamaha berwarna coklat rosewood,  cukup itu saja. Tidak perlu berpikir soal momen-momen yang terlewati bersama piano. Menyelami perasaan yang punya keterkaitan dengan piano adalah bibit-bibit terjadinya overthinking, yang ingin kita hindari.

  • Menyentuh 4 Benda di Sekeliling

Sentuh setiap benda dan jangan biarkan penilaian tentang benda tersebut masuk ke dalam pikiran. Pikirkan benda tersebut bagaimana adanya, rasakan bentuk dan teksturnya. Selain menyentuh benda, latihan ini juga bisa diterapkan dengan cara menyentuh bagian tubuh. Dengan menggunakan ujung jari telunjuk, telusuri sela-sela jarimu, telusuri urat nadi, sambil melakukan pernafasan dengan tenang. Latihan ini dapat membuatmu lebih tenang dan juga dapat mengurangi kecemasan.

Baca Juga : Bahagia dengan Hidup Biasa-Biasa Saja Ala Alain de Button

  • Mendengar 3 Suara di Sekeliling

Suara burung, suara motor lewat, suara pintu yang berdecit, dengarkan dengan penuh kesadaran. Bagi penyuka musik, momen mendengarkan musik juga dapat dijadikan latihan mindfulness. Pilih jenis musik yang disukai, dengarkan baik-baik, dengan penuh kesadaran, pisahkan antara suara piano, suara bass, gitar, dan drum. Lagi-lagi, tidak pelu memikirkan opinimu tentang penyanyinya, jenis musiknya, atau kenangan yang ada pada lagu tersebut.

  • Mencium 2 Bau di Sekeliling

Latihan mindfulness menggunakan indra ini memang butuh usaha yang lebih keras. Pasalnya, wewangian punya daya kuat dalam menarik pengalaman masa lalu. Maka dalam hal ini, dibanding mencium parfum, lebih disarankan untuk mencium wewangian dari masakan yang ada di sekitar kita, apalagi, masakan Indonesia kaya akan rempah, kaya akan rasa. Dari soto ayam saja, kita bisa mencium wangi daun jeruk, wangi kunyit, jahe, santan. Belum lagi wangi kaldu dari ayamnya.

  • Makan 1 Makanan/ Minum Minuman di Sekeliling

Ini PR banget bagi siapapun yang senang makan sambil youtuban, termasuk saya. Beberapa beralasan bahwa makan sambil menonton membuatnya merasa ditemani, merasa sedang makan bersama-sama, beberapa juga merasa kalau makan sambil menonton dapat membuat nafsu makan semakin meningkat, makan semakin nikmat saat menonton konten-konten mukbang. Padahal, makan adalah momen yang sangat penting untuk melatih mindfullness. Dari mulai memasukan makanan ke mulut, mengunyahnya, merasakan teksturnya, rasanya, hingga menelannya. Keras, lembut, pedas, asam, manis, pikirkan semua rasa dan tekstur dari makanan yang masuk ke mulut. Ini adalah latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesadaran atas diri kita, atas fungsi tubuh kita.

Baca Juga : Ingin Lebih Bahagia? Tinggalkan 12 Kebiasaan Ini!

5 langkah di atas sebetulnya adalah hal-hal yang sering kita lakukan, namun seringkali kita melakukannya tanpa sadar, auto pilot. Kebanyakan dari kita, dibanding melihat, mencium, merasa, menyentuh, dan mendengar dengan penuh kesadaran diri, kita lebih terbiasa dengan beropini atas apapun yang diterima oleh panca indra. Sesulit itu untuk menetralkan perasaan, mencoba membuka hari dan pikiran untuk menerima segala sesuatunya tanpa harus melibatkan perasaan di dalamnya. Berkali-kali saya harus menuliskan bahwa dalam proses "mengaktifkan 5 indra" ini, kita dilarang untuk memberikan penilaian baik dan buruk. Memberikan penilaian semacam itu akan memunculkan emosi tertentu dan membuat kita tidak fokus pada perhatian kita saat ini. 

38 comments:

  1. Ooo gitu cara mencoba mindfullness mbak.. aku sambil baca sambil mempraktekkan apa yg kamu tulis mbak. Thx tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  2. Semua memang bukan hal yang asing dan sulit kita lakukan. Namun, untuk berkonsentrasi penuh demi menyadari kehadirannya, acap kali itu menjadi PR besar.

    ReplyDelete
  3. Oh sebenarnya bisa dilatih di kegiatan sehari-hari ya. Kuncinya memang fokus saja di apa yang akan dikerjakan. Tapi memang saya juga merasa bahwa memikirkan hal buruk itu tidak terlalu buruk. Hal itu bisa membuat kita lebih siap dan "tatag" menghadapi kemungkinan yang terjadi. Walaupun banyak dari hal buruk yang dipikirkan tidak terjadi. Apalagi ditambah overthinking yang sering menyerang. Benar-benar menguras energi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Kak. Menerapkan mindful di kegiatan sehari-hari, meudahkan untuk menjadikannya habit.

      Delete
  4. Akhir-akhir ini saya sering berpikiran negatif dan itu sangat sulit saya hilangkan, duh itu sangat mengura energi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Kak. Sulit banget emang melawan pikiran-pikiran negatif

      Delete
  5. Saya pernah membaca teknik ini sebelumnya tapi malah terlupakan sebelum benar-benar mencobanya. Save ah.
    Saya setuju si apa yang kita lihat/dengar/rasa/cium itu terjadi secara autopilot. Padahal bisa dikelola ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kak. Bisa dikelola meski butuh usaha dan komitmen

      Delete
  6. Salah satu metode yang nggak gampang. Apalagi kadang ada distraksi di sana sini. Aku pernah nerapin metode ini pas lagi ikut kelas meditasi di Bali. Dan sepulang dari kelas, meski g berhasil jauh lebih relax dan legowo.. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, pernah ikut kelas meditasi, Mba? aku juga penasaran ingin coba karena kalau belajar sendiri rasanya gak bisa sukses aja,

      Delete
  7. Jadi reminder bagi saya nih, jika saat proses "mengaktifkan 5 indra" ini, kita dilarang untuk memberikan penilaian baik dan buruk. agar tidak memunculkan emosi tertentu dan membuat kita tidak fokus pada perhatian kita. terima kasih sudah menuliskan latihan mindfulness dengan lengkap.

    ReplyDelete
  8. Jadi keinget, beberapa hari yang lalu saya ada di titik down banget hanya karena kesal sama apa yang sudah dilakukan orang lain di masa lalu. Padahal orangnya sudah nggak melakukan itu lagi. Tapi sayanya yang masih kesal. Rasanya kayak lucu. Tapi memang saat pikiran kita liar ke hal yang buruk apalagi itu cuma kenangan atau prasangka, itu sungguh tidak sehat untuk psikis kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Sebel ya, kita kesal karena perilaku orang lain sampai saat ini, sementara orang ybs belum tentu ingat sudah melakukan apa terhadap kita. haha

      Delete
  9. Makan dengan fokus tanpa disambi kegiatan lain itu sih emang PR, apalagi kebiasaan sambil kerja atau baca resume buat siap-siap ujian di kampus. Karena ngejar waktu, but itu ternyata gak sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Hustle culture emang bikin kita kehilangan banyak momen yang bisa dinikmati.

      Delete
  10. Wah, menarik nih. Ternyata ada ya rumus-rumus buat Latihan Mindfulness dengan 5 Indra. Bookmark dulu, praktik kemudian. Makacih, kak

    ReplyDelete
  11. MIndfulness ini cara meditasi terbaik untuk kita bisa lebih fokus pada kenyataan hari ini. tidak berpikir ke masa lalu, dan tidak melayang terlalu ke masa depan. Realistis sih. Dan ini keren banget. sensitifitas kita akan stabil. serius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Terima kasih sudah membaca, ya, Kak.

      Delete
  12. hoo baru tahu ternyata untuk belajar mindfulness punya rumus-rumus kek gini. emang sih, mindfullness bener bener ngebantu banget buat bisa ngatasin stress.

    ReplyDelete
  13. Harus lebih banyak lagi belajar dan berkali-kali proses mengaktifkan 5 indra ini dalam kehidupan sehari2 ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baby step gak apa. Pelan-pelan, nanti akan terbiasa..

      Delete
  14. Bener bgt. Mindfullness harus dilatih. Kadang ada aja sih yg bikin gak fokus walau udah latian kyk gini. Apa kudu sering ya latiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Harus sering dilatih supaya terbiasa. Semangat!

      Delete
  15. Latihannya tampak sederhana, tapi berikan dampak yang besar ya, terutama soal fokus dan juga kesabaran. Saya banget nih kalau makan mesti ada yang ditonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak, aku jugaaa. Kayak harus ada yang nemenin haha

      Delete
  16. wah baca ini jadi berpikir banyak lagi soal mindfulness, selama ini karena saya makannya susah maka ketika makan saya biasanya sambil menonton supaya bisa makan banyak tapi ternyata itu hal yang kurang baik ya terkait dengan mindfulness, honestly memang jadinya ga menikmati makanan yang saya makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mirip saya banget, Kak. Susah banget makan, tapi kalau nonton mukbang tuh rasanya ikut semangat makan.

      Delete
  17. waah terima kasih banyak kak infonya, kayanya ku butuh untuk mendalami konsep mindfullness ini karena aku tipe yang kurang aware dengan sekitar

    ReplyDelete
  18. Wah baru tahu ternyata ada semacam latihan ya untuk mindfulness. Bisa coba di rumah juga nih

    ReplyDelete
  19. Iyaaa eh. dari aktivitas yang dilakukan diatas sebenarnya memang sering kita lakukan tapi emang gak sadar kalau kita melakukannya. Secara tidak langsung memberikan pengaruh yang positif untuk tubuh,

    ReplyDelete