Tuesday 26 September 2023

, ,

Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Kulit Berjerawat

Bagi orang-orang dengan tipe kulit acne prone atau kulit-kulit yang mudah berjerawat, pencarian sunscreen layaknya pencarian jodoh. Sulit banget rasanya. Kekeliruan dalam memilih sunscreen dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat. Saya, sebagai pemilik kulit acne prone, harus melewati trial error dan sedekah sunscreen ke teman-teman akibat ketidakcocokkan sunscreen yang saya gunakan. Sempat kesal dan ingin mengabaikan pentingnya sunscreen, tapi ya gimana, gak mungkin rasanya saya membiarkan kulit saya terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun. Apalagi, paparan berlebihan terhadap sinar UV matahari juga bisa memperburuk kondisi kulit berjerawat, mengakibatkan peradangan lebih lanjut, hiperpigmentasi, dan bahkan merusak jaringan kulit. Makanya, lega banget rasanya ketika sudah mengenal kriteria sunscreen yang cocok di kulit saya, sehingga saya bisa membagikannya di sini.

Jadi, teman-teman dengan kulit acne prone, ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika kalian memutuskan untuk menggunakan sunscreen , di antaranya:
  • Pilih Sunscreen Non-Komedogenik: Sunscreen yang komedogenik dapat menyumbat pori-pori kulit, yang dapat memperburuk jerawat. Pilihlah sunscreen yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat, yang tidak akan menyumbat pori-pori. 
  • Bahan-Bahan Aktif: Beberapa sunscreen mengandung bahan-bahan aktif seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang dapat membantu melawan peradangan kulit. Bahan-bahan ini juga dapat membantu menyerap kelebihan minyak, menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit berjerawat.
  • SPF yang Tepat: Pilih sunscreen dengan faktor perlindungan matahari (SPF) yang sesuai. SPF 30 hingga 50 biasanya sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang merusak. Selain itu, pastikan sunscreen juga melindungi dari sinar UVA dengan mencari label "Broad Spectrum."
  • Hindari Bahan-Bahan Iritan: Kulit yang rentan terhadap jerawat sering kali sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Hindari sunscreen yang mengandung pewangi atau bahan-bahan kimia yang dapat memicu iritasi.
Poin 1 dan 2 sebetulnya mengacu pada tipe sunscreen yang selalu saya sarankan pada teman-teman dengan kulit berjerawat, yaitu physical sunscreen. Bagi teman-teman yang belum tau, sunscreen terbagi atas 2 jenis, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen, Bedanya? Kalian bisa simak di postingan saya beberapa waktu yang lalu. 
Rekomendasi Sunscreen Lokal Untuk Kulit Berjerawat

Kebanyakan sunscreen produk lokal merupakan jenis chemical sunscreen. Asumsi saya sih sepertinya karena bahannya lebih murah, secara tekstur lebih enak, dan tidak meninggalkan whitecast. Tapi, hamdallah, di antara gempuran chemical sunscreen murah dan bagus, masih ada brand-brand lokal yang mau memproduksi physical sunscreen, dan 3 ini adalah physical sunscreen lokal yang cocok di kulit acne prone saya, yaitu:

Sunscreen Untuk Kulit Jerawat

1. Glowlabs Physical Sunscreen

Glowlabs Physical Sunscreen ini terbilang produk baru, termasuk yang saya baru coba juga dalam beberapa waktu terakhir. Kemasannya tube ramping dengan lubang kecil, sehingga pengaplikasiannya mudah, gak bleberan. Mengandung titanium dioxide, teksturnya ringan seperti gel, mudah diratakan, Ada sedikit whitecast, tapi gak mencolok. Kandungan lain yang bikin saya melirik produk ini adalah Centella Asiatica. Ini adalah kandungan yang bersahabat dengan kulit saya yang sensitif. Maka gak heran selama pemakaian, saya gak merasakan keluhan apapun. 

Glowlabs Physical Sunscreen

Harganya tergolong murah, sekitar 80.000an. Saya sempat tanya ke adminnya soal tidak adanya keterangan SPF dan PA di kemasan Glowlabs. Ternyata mereka sedang dalam proses uji in vivo, tapi untuk Glowlabs sendiri memiliki kandungan SPF 50 PA +++.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel

Ini adalah favorit saya! Semuanya serba pas. Teskturnya gel yang mudah diratakan. Meski kekentalannya sedikit di atas Glowlabs, entah kenapa saya malah merasa perlindungan yang diberikan sunscreen ini jadi lebih total gitu. Kalau Glowlabs memakai titanum dioxide di urutan kedelapan dalam deretan ingridientsnya, Dear Me Beauty mengandung titanium dioxide dan zinc dioxide di urutan kedua dan ketiga. Dengan kombo titanium dioxide dan zinc oxide, serta SPF 50 dan PA++++, saya jadi semakin yakin kalau proteksi yang diberikan oleh sunscreen ini lebih mantul.

Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel

Dia juga mengandung bahan-bahan pelembap, seperti glycerin, sodium hyaluronite, dan ceramide 3. Sehingga kulit bisa tetap lembap dan terlindungi dari sinar matahari secara optimal. Harganya berkisar 90ribu sampai 100ribu untuk 35 ml. Menurut saya ini sih harga yang sangat terjangkau untuk sunscreen sebagus ini. 

3. Avoskin The Great Shield Sunscreen 

Yang ini sebetulnya hybrid sunscreen. Apalagi itu? Ya sesuai namanya, hybrid ini campuran antara physical dan chemical sunscreen. Tapi, meski ini hybrid sunscreen, produk ini memiliki efek whitecast yang paling kelihatan dibanding 2 produk sebelumnya yang pure physical sunscreen. Asumsi saya, karena produk ini menggunakan banyak sekali bahan sunscreen, yaitu Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Polysilicone-15, Titanium Dioxide. Teskturnya creamy padat, butuh waktu untuk diblend, tapi finishnya tuh enak aja kok, gak kering. Di awal ada kesan berat di muka, tapi lama-lama nggak, whitecastnya pun akan memudar dan lebih menyerap ke warna kulit. 

Avoskin The Great Shield

Harganya 135.000an dengan ukuran 30 ml. Kalau melihat ingridientsnya, saya gak bisa bilang produk ini mahal. Soalnya kandungannya gak main-main, langsung 5 bahan pelindung kulit dari sinar matahari. Saya gak selalu cocok dengan hybrid sunscreen, karena ya itu, kadang masih sensitif sama bahan-bahan chemical sunscreen. Tapi, suprisingly, Avoskin ini benar-benar cocok di kulitku, gak bikin iritasi, dan somehow, saya tuh merasa percaya diri banget kalau panas-panasan ketika pakai sunscreen ini, kerasa banget kalau produknya benar-benar melindungi kulit saya.

Nah, itu adalah 3 rekomendasi sunscreen lokal yang cocok untuk kulit acne prone dan sensitif. Sebetulnya, sunscreen apapun itu, yang paling penting adalah penggunaannya secara disiplin dan jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara optimal melalui double cleansing, karena kadang secara gak sadar, residu dari sunscreen inilah yang memperparah kondisi jerawat di kulit.

1 comment:

  1. Aku Bbrp kali pake physical tapi blm Nemu yg cocok. Kulitku sbnrnya sensitif, breakoutnya bisa lama kalo pake produk yg ga sesuai.

    Tapi syukurnya chemical atau hybrid sunscreen biasanya aman di kulitku. Masalah physical ini suka bikin whitecast dan berat di kulit. Kalo aku loh yaa.

    Untung2an dan cocok2an juga sih memang. 😅

    Setuju, yg penting apapun jenisnya, hrs rutin dipake. Itu aja sih

    ReplyDelete