Friday 29 January 2021

CORETAN MAMANIS : Inspirasi Menu MPASI 7 Bulan dan Cara Membuatnya


source image: https://unsplash.com/photos/FKwGPzwaGqc

Sebagai seorang ibu, pasti bukan perkara yang mudah ya untuk bisa membesarkan si buah hati? Terutama untuk para ibu yang memang ingin mendapatkan buah hati dengan pertumbuhan dan perkembangan yang sempurna. Untuk bisa mencapai hal tersebut maka asupan makanan yang diberikan pada buah hati juga mesti diperhatikan baik-baik. Pemberian makanan ini juga mesti disesuaikan dengan umur si kecil. Bila bayi masih berumur di bawah 6 bulan, makan wajib diberikan ASI eksklusif 

Setelah umur 6 bulan, barulah bayi bisa diberikan MPASI. Berbicara mengenai MPASI pun, banyak sekali tantangan bagi saya untuk menyajikan makanan yang mampu memikat selera makan Baby Al. Menghidangkan menu MPASI yang cocok untuk bayi memang gak semudah yang dibayangkan. Tapi, saya punya beberapa ide menu MPASI yang dapat diberikan pada bayi 7 bulan.

1. Puree Mangga

Cara membuat puree mangga ini sendiri tidaklah terlalu sulit. Diawali dengan mengupas buah mangga terlebih dulu. Cukup pilih satu buah mangga yang dianggap sudah matang sempurna. Kupas dan kemudian pisahkan dengan bijinya.

Blender buah mangga yang sudah dikupas tersebut hingga halus sempurna. Jika tekstur dari buah mangga tersebut dianggap masih keras maka Anda bisa menambahkan air agar lebih lunak. Sebagai ibu tentunya Anda bisa menyesuaikan tekstur dari puree mangga tersebut sesuai dengan kebutuhan si kecil.

2. Nasi Tim Ikan Tuna

Cara membuat nasi tim ikan tuna ini juga tidak terlalu sulit lho. Bagaimana sih cara membuatnya? Cara membuatnya adalah dengan membersihkan ikan tuna terlebih dulu dan beri perasan jeruk nipis guna menghilangkan bau amisnya.

Lanjutkan dengan merebus ikan tuna di panci yang mendidih. Pisahkan antara daging dengan tulangnya. Untuk bagian dagingnya maka blender secukupnya. Sedangkan bagian tulangnya direbus untuk dijadikan kaldu. Kaldu tersebutlah yang dicampurkan dengan nasi dan daging untuk bisa menjadi nasi tim.

3. Puree Tahu

Bukan hanya mangga ternyata puree tahu juga cocok diberikan kepada si kecil. Namun sebaiknya ibu memilih jenis tahu sutra yang lebih cocok. Caranya menyajikannya juga gampang, yaitu ibu cukup membersihkan tahu sutra terlebih dulu. Siapkan beberapa jenis sayuran untuk si kecil. Lanjutkan dengan mendidihkan kuah kaldu ayam yang kemudian dicampurkan dengan tahu dan juga sayuran tersebut. Hidangkan jika sudah matang.

4. Nasi Tim Ayam

Nasi Tim ayam bisa dibilang adalah jenis MPASI yang paling sering ditemui. Untuk membuatnya maka ibu hanya perlu memfillet daging dada ayam terlebih dulu. Lanjutkan dengan membersihkan sayuran sebagai menu pelengkapnya.

Jangan lupakan juga untuk memasak beras tersebut di panci hingga setengah matang. Tambahkan santan hingga nasi mengental dan kemudian blender semua bahan-bahan tersebut.

5. Puding Pisang Apel

Puding pisang apel juga proses pembuatannya mudah dilakukan. Cukup campurkan antara pisang dan juga pel dalam satu wadah yang sama. Dalam campuran tersebut, tambahkan gandum untuk membuatnya merata. Berikan air secukupnya untuk memberi tekstur yang kenyal.

6. Bubur Pisang Mangga

Bubur pisang mangga juga bisa dijadikan pilihan berikutnya oleh para ibu. Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit yaitu cukup kupas mangga dan dipotong dengan bentuk dadu. Lanjutkan dengan memblender semua bahan tersebut hingga sehalus mungkin. Tambahkan susu formula bayi untuk semakin menambah rasanya.

7. Bubur Beras Wortel

Cara membuat bubur beras wortel juga mudah dilakukan lho dan bisa langsung dipraktikan. Caranya adalah mencampurkan beras sekaligus wortel yang sudah diparut dalam panci yang berisi air mendidih. Masak hingga kemudian menjadi bubur. Pastikan tekstur bubur beras wortel tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan si kecil.

8. Bubur Kentang Ayam Giling

Langkah pertama untuk bisa membuat bubur ini adalah dengan mencampurkan wortel, kentang giling dan juga daging giling untuk bisa direbus. Dalam proses perebusan tersebut, jangan lupakan untuk memasukan bawang putih.

Apabila sudah setengah matang, blender semua bahan-bahan tersebut hingga setengah halus. Bahan yang sudah setengah halus tersebut kembali direbus dengan campuran unsalted butter.

Nah, semoga ide menu-menu di atas bisa menolong Bunda di luar sana, yang ngerasa udah mentok gak ada ide untuk membuat MPASI si baby. Beberapa menu di atas juga pernah jadi menu favorit Baby Al. Jangan lupa juga untuk mengajarkan berdo’a sebelum makan pada bayi, supaya semua makanan yang masuk ke dalam tubuhnya membuatnya menjadi semakin sehat dan menjadi berkah.



0 comments:

Post a Comment