Thursday 3 December 2020

, , , ,

REVIEW : JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam, Sahabatnya Si Kulit Berjerawat

Review kali ini masih tentang salah satu main skincare saya, yaitu tentang sabun pencuci wajah. Meskipun terdengar gak penting-penting amat, tapi justru masalah membersihkan wajah ini adalah satu langkah awal untuk merawat kulit wajah. Terlebih untuk kulit yang mudah berjerawat seperti kulit saya. Buat saya, sabun pembersih wajah memang gak punya efek yang bombastis, mencerahkan, menghilangkan komedo, you named it. Tapi, sabun wajah ini mencegah timbulnya masalah kulit yang baru, dan gak memperburuk kondisi kulit yang memang sudah bermasalah.

Beberapa tahun yang lalu saya pernah bilang kalau saya jatuh cinta dengan sabun batang JF Sulfur yang varian blemish control dan bersumpah gak akan mencoba yang versi barunya, yang dikemas dalam tube, selayaknya facial wash lainnya. Tapi, karena saya merasa sabun batang ini kurang praktis untuk digunakan, pada akhirnya saya mengkhianati diri sendiri dengan membeli JF Sulfur yang berbentuk facial foam dengan harapan kualitasnya sebagus sabun batangnya yang mampu mengurangi aktivitas bakteri-bakteri penyebab jerawat di wajah saya. 

Pada akhirnya, ternyata ini adalah keempat kalinya saya repurchase. Gak tanggung-tanggung, karena saya agak kesulitan mencari produk ini secara offline, saya langsung pesan online sebanyak 5 buah! Fakta bahwa saya berkali-kali repurchase ini adalah bukti kalau kulit acne prone saya berjodoh dengan produk ini, yaitu JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam.

KEMASAN

Kemasan JF Sulfur

Gak ada yang spesial dari kemasan produk ini. Sangat sederhana, dikemas dalam tube tanpa disertai box apapun, berisi 70 gram. Gak masalah, mengingat harganya yang hanya belasan ribu. Design warna putih dengan tutup model flip top yang menurut saya gak terlalu rapat dan punya resiko terbuka saat dibawa berpergian. Jadi ada baiknya kalau mau travelling dan bawa produk ini, bagian flip topnya lebih baik disolasi atau produknya dimasukkan ke dalam plastik lain, supaya aman.

KLAIM

Diformulasikan sebagai pembersih wajah yang membantu menyamarkan noda bekas jerawat tanpa menyebabkan kuli kering. Mengandung: 
+ Active Bio-Sulfur, bahan alami yang membersihkan kulit dengan lembut sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati 
+ Vitamin B3 & Lactic Acid, membantu menyamarkan noda bekas jerawat sehingga kulit wajah tampak lebih cerah 
JF diformulasikan oleh ahli kulit demi memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari perawatan dermatologi untuk kondisi kulit mereka

KANDUNGAN

Kandungan JF Sulfur

Aqua, lauryl glucoside, lauric acid, acrylates copolymer, acrylates/ steareth-20, methacrylate crosspolymer, potassium cocoyl glycinate, divinyl dimethicone/ dimethicne copolymer, c12-13, pareth-23, c12-13 pareth-23, potassium hydroxide, glycerin, myristic acid, palmitic acid, ethanol, glycol distearate, stearic acid, lactic acid, potassium lactate, niacinamide, salicylic acid, Dmdm hydantoin, fragrance (parfum) components & finished fragrances, bht, disodium edta, polysorbate-80, sulfur.

CARA PEMAKAIAN

Busakan dengan air dan usapkan pada wajah, jangan terkena mata, bilas hingga bersih. Untuk hasil lebih optimal, gunakan JF Acne Spot Care Gel (soon akan aku review juga).

TEKSTUR, WARNA, DAN AROMA

Teksturnya gel kental dengan warna putih transparan. Wanginya seperti ada wangi citrusnya, gak mengganggu sama sekali.

HASIL PEMAKAIAN

Sebelum saya menceritakan pengalaman saya menggunakan produk ini, mungkin kalian bertanya-tanya kenapa saya pilih JF Sulfur Facial Foam yang varian Acne Spot Care, bukan varian Anti Acne atau Acne Protect? Padahal dua lainnya lebih jelas dikhususkan untuk menangani jerawat. Jawabannya adalah, sepengalaman kulit saya menggunakan JF Sulfur batangan, varian blemish control adalah satu satunya yang cocok di kulit saya. Sementara yang lain, yang tampaknya memang khusus kulit yang jerawatnya aktif dan banyak, malah bikin kulit saya terlalu kering dan malah menimbulkan jerawat juga komedo.

Nah, berbekal pengalaman sebelumnya, akhirnya saya memutuskan untuk memilih JF Sulfur Acne Spot Care Facal Foam (asumsi saya, JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini punya kandungan dan manfaat yang setara dengan JF Sulfur Blemish Control). Seperti sabun pencuci wajah pada umumnya, JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini menghasilkan busa yang lumayan banyak pada saat dipakai. Tapi bedanya, kulit tetap lembap, gak kering ketarik seperti yang biasanya terjadi kalau saya menggunakan facial wash yang punya embel-embel anti acne

Review JF Sulfur

Setiah habis mencuci wajah menggunakan JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini, saya bisa langsung merasakan kalau kulit saya menjadi jauh lebih halus dan bersih. Lucunya, selama saya menghabiskan 4 tube JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini, saya gak merasakan noda hitam bekas jerawat saya ini memudar atau menghilang. Tapiiiiii, justru saya merasakan manfaat yang lainnya. Kulit saya jadi jarang berjerawat, kalaupun saya berjerawat, akan cepat kering dan menghilang (selain komedo ya, karena JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini gak membuat komedo saya berkurang sama sekali). 

JF Sulfur Acne Spot Care Facial Foam ini mengandung bahan favorit saya, yaitu niacinamide. Makanya, gak heran kalau ternyata kulit wajah -yang biasanya rewel-, nerimo-nerimo aja saat pakai produk ini. Meskipun kandungan sulfurnya berada di deretan akhir dalam daftar kandungan, tapi menurut saya, ini sudah cukup mampu mengatasi kulit saya yang mudah berjerawat. Agak heran sih, produk yang tadinya dikhususkan untuk mengatasi noda bekas jerawat, malah lebih ampuh dalam mengatasi jerawatnya itu sendiri. Ini sih antara kulit saya yang aneh, ataukah JF sulfur salah nulis judul dan klaimnya? Tapi, apapun itu, saya tetap bersyukur sudah menemukan jodoh lainnya untuk kulit saya yang banyak maunya ini, terlebih lagi harganya super murah. I like it. NO, I LOVE IT.

KESIMPULAN

+ Murah, produk lokal
+ Cocok di kulit acne prone
+ Membantu mengontrol kadar minyak di wajah
+ Aroma gak mengganggu
+ Busa banyak tapi gak bikin kulit kering
+ Kulit wajah terasa lebih bersih dan halus
+ Mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi jerawat
- Kemasan terlalu sederhana dan kurang travel friendly
- Harus beli di supermarket besar atau di drugstore
- Gak begitu terlihat efek memudarkan noda hitamnya (mungkin butuh waktu lebih lama?)
- Gak berpengaruh terhadap komedo jenis apapun  
 
Harga : 19.000 / 70 gram
Nilai : 4/5

Disclaimer : Artikel ini ditulis atas pengalaman pribadi penulis, bukan sponsor maupun endorsement

2 comments:

  1. Waah baru kali ini lihat sabun muka JF Sulfur yang udah tube gini, dari dulu liatnya yang versi batangan soalnya :D

    ReplyDelete
  2. Kaa, untuk tubenya ada segelnya ga? Terima kasih

    ReplyDelete