Friday 7 August 2020

Review Scarlett Acne Serum dan Scarlett Brightly Ever After Serum, Hilangkan Jerawat Hingga Tak Berjejak

Setelah sukses dengan rangkaian body carenya -yang sampai saat ini masih jadi favorit saya-, Scarlett Whitening kini menunjukkan keseriusannya juga dalam meracik skincare, tepatnya face serum. Kalau kalian ngikutin social medianya Scarlett, pembuatan produk face serum ini gak sebentar. Mereka melakukan uji coba yang sangat serius untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari situ saja saya bisa melihat kalau produk yang dibuat oleh Scarlett ini prosesnya panjang, selektif, dan gak main-main. Makanya, begitu produk ini diluncurkan, saya langsung penasaran ingin coba. Terlebih lagi, 2 varian face serumnya ini tampaknya cocok dengan kondisi kulit wajah saya yang acne prone dan juga kusam.

SCARLETT ACNE SERUM
Review Scarlett Acne Serum
Acne serum ini yang paling menarik perhatian saya. Kandungan-kandungannya oke, memang diperuntukkan untuk kulit-kulit acne prone. Selain itu, saya juga sempat tercengang dengan review orang-orang yang menyertakan foto before after pemakaian Scarlett Acne Serum ini, jerawatnya betul-betul berkurang secara signifikan!

KEMASAN

Kemasan dari Scarlett face serum ini punya nilai positif buat saya. Designnya sebetulnya biasa saja, tapi yang patut diacungi jempol adalah cara mereka untuk menyampaikan informasi produknya sendiri. Highlight kandungan utama dan manfaat, kandungan, cara pakai, serta tipe kulit macam apa yang cocok dengan produknya, semuanya dituliskan dengan sejelas-jelasnya. Gak perlu browsing lagi mengenai informasi produk ini, karena semuanya sudah tercantum dengan jelas. Kalau saya jadi orang awam dalam dunia skincare, saya amat sangat terbantu dengan kemasan yang informatif seperti ini.

Review Scarlett Acne Serum
Botol 15 ml dari Scarlett serum ini dilengkapi dengan pipet, yang memudahkan kita untuk mengaplikasikan produknya agar lebih higienis dan terukur.

KANDUNGAN DAN KLAIM

Review Scarlett Acne Serum
  • Tea Tree Water : Melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan, dan mengurangi minyak di wajah
  • Jeju Centella Asiatica : Menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah, dan mengurangi kerusakan kulit, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit
  • Vitamin C : Membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit 
  • Salicylic Acid : Meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo 
  • Liquorice Extract : Kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak diwajah
CARA PEMAKAIAN

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah.

TEKSTUR DAN AROMA

Review Scarlett Acne Serum
Teksturnya lebih cair dari gel, namun lebih kental dari air. Teskturnya ini bikin waktu penyerapan produk terasa sangat singkat. Mungkin hanya dalam beberapa detik saja, produknya langsung menyerap ke dalam kulit. Lalu, untuk aromanya, awalnya saya gak mencium aroma apapun saat membuka botolnya. Tapi saat diaplikasikan, ada aroma samar yang sulit saya deskripsikan. Tapi yang jelas, bukan aroma wewangian parfum, dan tentu gak mengganggu.

HASIL PEMAKAIAN

Kalau kalian mantengin blog saya dari dulu, pasti ngeuh kalau tipe kulit saya acne prone dan sensitif. Sulit untuk cocok dengan produk skincare. Ekspektasi saya terhadap skincare juga gak muluk-muluk, asal gak nambah jerawat, gak bikin kulit kering ketarik, gak bikin gatal atau muka merah-merah, saya akan anggap produk itu bagus, karena emang segitu sulitnya cari produk yang cocok dengan kulit saya. Concern saya sih punya kulit bersih dari jerawat Masalah yang lain seperti kusam, pori-pori besar, flek hitam, itu nomor sekian. Makanya, saya udah gak asing lagi dengan produk-produk yang dikhususkan untuk kulit acne prone, tapi sayangnya gak semua produk yang mengaku dikhususkan untuk kulit acne prone, cocok dalam mengatasi jerawat pada kulit saya. Itu adalah alasan pertama saya ingin mencoba Acne Serum dari Scarlett ini.
Review Scarlett Acne Serum
Pemilihan tea tree dan dan salicylic acid sebagai 2 kandungan utama serum ini sangat masuk akal, karena 2 kandungan ini punya manfaat yang luar biasa dalam menghadapi dan mencegah jerawat. Biasanya, minus dari skincare dengan kandungan tea tree dan salicylic acid adalah efek kering yang dihasilkan setelahnya. Lalu, bagaimana dengan Scarlett Acne Serum?

Beberapa bulan lalu, kulit wajah saya sedang gak baik. Ada 2 jerawat pustula di pipi dan banyak beruntus dan jerawat kecil di area rahang. Banyak informasi yang saya dapatkan, bahwa jerawat di rahang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Hormon saya memang gak pernah stabil, makanya kadang saya suka pasrah kalau diserang dengan jerawat-jerawat ini, karena saya pikir, jerawat hormon ini gak akan bisa hilang dengan skincare. Tapi, lama-lama saya risih juga, makanya saya coba produk ini. Siapa tau berhasil.

Kesan pertama yang saya rasakan saat mengaplikasikan Scarlett Acne Serum, produk ini cepat sekali menyerap. Gak butuh waktu 1 menit, menurut saya dalam 5 detik saja produk ini sudah menyerap dengan sempurna. Hasilnya, kulit wajah terasa lebih matte dan halus, tapi gak kering ataupun ketarik. Karena cepat menyerap, saya juga gak butuh waktu lama untuk melanjutkan rutinitas skincare selanutnya.

Dari sehari pemakaian saja saya bisa melihat perubahan di area dagu dan rahang. Beruntus dan jerawatnya mengecil dan menjadi kering. Area wajah lainnya yang tak berjerawat terasa lebih halus dan sedikit lebih cerah. Hal lain yang saya rasakan juga, minyak pada wajah lebih terkontrol. Biasanya selang sejam setelah cuci muka, kulit saya sudah seperti kilang minyak. Tapi, akhir-akhir ini, kulit lebih lebih glowing saja, gak oily yang berlebihan.
Review Scarlett Acne Serum
Dengan 3 hari pemakaian saja, saya sudah bisa merasakan manfaat dari tea tree water, liquorice extract, dan salicylic acid. Kalian bisa liat juga gak? Tapi, sayangnya untuk komedo saya yang sudah terlalu dalam, masih agak sulit untuk dihilangkan. Kayaknya ini tugasnya exfoliator sih. Tapi, overall, dengan kualitas yang sebagus ini, harga 75.000 menurut saya sih ini murah banget.

KESIMPULAN

+ Harga terjangkau, brand lokal
+ Kemasan produk informatif
+ Cepat menyerap
+ Mengempeskan jerawat
+ Gak beraroma
+ Mengontrol minyak di kulit wajah
+ Membuat tekstur wajah lebih halus
- Belum terlalu efektif dalam menghilangkan komedo

HARGA : IDR 75.000 (15 ml) di shopee @Scarlett_whitening

__________________________________________________________________________________

SCARLETT BRIGHTLY EVER AFTER SERUM

Setelah saya salut dan bahagia dengan hasil pemakaian Scarlett Acne Serum, saya jadi ketagihan. Gimana nggak, hanya dalam beberapa hari saja, jerawat saya bisa berkurang dengan drastis, tinggal menyisakan bekas-bekasnya saja. Tapi karena sesuai namanya, acne serum ya diperkhususkan untuk membasmi jerawat, saya merasa butuh booster lain dalam menghilangkan jejak-jejak jerawat. Thank God, Scarlett juga punya serum khusus menangani permasalahan itu, yaitu Scarlett Brightly Ever After Serum. Tanpa ragu, saya coba lagi, apakah Scarlett Brightly Ever After Serum ini juga bekerja dengan baik di kulit saya?

Review Scarlett Brightly Ever After Serum

KEMASAN

Review Scarlett Brightly Ever After Serum

Sama dengan acne serumnya, kemasan Scarlett Brightly Ever After Serum juga terbungkus dengan box yang informatif. Perbedaannya hanya pada highlight kandungan dan peruntukkannya, serta warnanya. Kalau Scarlett Acne Serum didominasi dengan warna ungu, Scarlett Brightly Ever After Serum didominasi oleh warna pink. Sisanya sama, sama-sama menggunakan botol berukuran 15 ml yang dilengkapi pipet sebagai aplikatornya.

KANDUNGAN DAN KLAIM

Review Scarlett Brightly Ever After Serum
  • Lavender Water : Melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit
  • Phyto Whitening : Mencerahkan wajah dalam waktu dan sangat aman bagi kulit, tanpa menyebabkan iritasi
  • Niacinamide : Melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam,dan mencegah kanker kulit melanoma
  • Glutathione : Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing 
  • Vitamin C : Membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit
CARA PEMAKAIAN

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah.

TEKSTUR DAN AROMA

Review Scarlett Brightly Ever After Serum
Teksturnya sih mirip dengan Scarlett Acne Serumnya, hanya saja warnanya lebih keruh, gak sebening Scarlett Acne Serum. Aromanya pun berbeda. Scarlett Brightly Ever After Serum ini punya aroma yang cukup kuat. Bukan wewangian dan beberapa ada yang merasa terganggu dengan aroma ini. Tapi tenang aja, aromanya juga akan menghilang kok begitu diaplikasikan di wajah.


HASIL PEMAKAIAN

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya kaget mencium aroma dari Scarlett Brightly Ever After ini. Tapi, demi menghilangkan jejak-jejak jerawat, ya sebodo amat. Don't judge serum by its smell, kan? Yang penting, serum ini mengandung niacinamide, kandungan yang sangat bersahabat dengan kulit saya dan jarang sekali menyebabkan break out.
Review Scarlett Brightly Ever After Serum
Hasil dari pemakaian sehari, gak ada perbedaan selain kulit yang terasa lebih halus. Esoknya pun sama, bekas-bekas jerawat masih terlihat dengan jelas. Sampai hari ketiga, saya gak merasa ada perubahan apa-apa. Sampai akhirnya, saya periksa kamera dan memperhatikan secara detail, perubahan kulit saya dari hari ke hari (ya, saya biasa mengambil foto wajah sebelum mencoba skincare baru, untuk melihat efeknya).
Review Scarlett Brightly Ever After Serum
Dari hasil potret ini, barulah saya sadar, bahwa bekas jerawat saya memang masih terlihat, tapi jelas memudar. Woaaaahhh happy sekali saya, teman-teman. Saya rasa, menghilangkan jejak jerawat memang gak semudah membasmi jerawatnya sendiri. Butuh waktu yang lebih lama untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat ini, dan hopefully Scarlett Brightly Ever After ini bakal bikin warna kulit wajah saya lebih rata dan gak kusam lagi.

KESIMPULAN

+ Harga terjangkau, brand lokal
+ Kemasan produk informatif
+ Cepat menyerap
+ Memudarkan noda bekas jerawat
+ Membuat tekstur wajah lebih halus
- Aromanya unik dan aneh
- Butuh waktu untuk melihat hasilnya

HARGA: IDR 75.000 (15 ml) di shopee @Scarlett_whitening

Gimana? Kalian mau coba juga nggak? Kalau saya yang sudah struggling dengan kulit acne prone selama bertahun-tahun, 2 serum ini dipastikan akan masuk ke dalam daftar daily skincare routine, no debate.
Review Scarlett Face Serum

7 comments:

  1. Aku juga pake keduanya nih, Acne Serumnya lumayan buat mengurangi jerawat :D

    ReplyDelete
  2. Kak maaf,apakah boleh dipake bareng yg acne dan brightly? Jadi selang seling gtu?

    ReplyDelete
  3. Serumnya yang buat mengencangkan ngilangin kerutan yang mana adakah

    ReplyDelete
  4. Pakai sabun pepaya sbg fw barengi serum scarlet ungu untuk ngilangi bruntusab sm jrwt cocok gak kk

    ReplyDelete
  5. Kalo dibagian jidat tinggal bekasnya trus dibagian pipi masih jerawatan boleh nggak di jidat make yg after serum trus yang dipipih pake acne serum??? Serius tanyaa

    ReplyDelete
  6. Halo mau nanya dong 2 produk ini bisa dipakai bersamaan atau harus satu" yah?

    ReplyDelete
  7. untuk urutan pemakaiannya seperti apa ya kaa? mulai dari cuci muka dll

    ReplyDelete